Lewandowski Cetak Sejarah di Kemenangan Polandia

10

DOHA (bisnisjakarta.co.id) – Gelandang Piotr Zielinski mencetak gol di babak pertama dan Robert Lewandowski mencetak gol pertamanya di Piala Dunia untuk menyelesaikan pertandingan yang menegangkan di Stadion Education City dan memungkinkan Polandia untuk melompati paket kejutan Arab Saudi di tabel Grup C yang menarik. Gol Lewandowski ini merupakan yang ke-2.600 dalam sejarah Piala Dunia FIFA.

Zielinski mencetak gol untuk menghentikan permainan pada menit ke-39 dan Wojciech Szczesny dengan cemerlang menggagalkan upaya Saudi menyamakan kedudukan ketika kiper tersebut menggagalkan penalti Salem Al-Dawsari sebelum menghasilkan penghentian yang indah untuk menggagalkan upaya Mohammed Al-Burayk lewat bola muntah. Lewandowski memanfaatkan kesalahan defensif untuk mencetak gol kedua Polandia dengan delapan menit tersisa.

Di awal-awal laga, Szczesny menepis sepakan Mohamed Kanno, saat tim Herve Renard melanjutkan di mana mereka tinggalkan dalam kemenangan menakjubkan mereka atas Argentina pada Selasa lalu. Namun Zielinski sempat membungkam suporter Saudi saat ia mencetak gol pertama Polandia di turnamen tersebut.

Baca Juga :   Sikapi Pembantaian di Papua, Ini Saran Senator Asal Papua

Matty Cash memberikan umpan balik ke kanan ke kotak untuk Lewandowski. Dia tidak bisa membuka peluang untuk menembak, tetapi memiliki pikiran untuk mengembalikan umpan ke Zielinski dari Napoli yang menyelesaikannya ke pojok gawang.

Arab Saudi mendapat hadiah penalti di pengujung babak pertama ketika pemeriksaan VAR mendeteksi tekel Krystian Bielik di betis Saleh Al-Shehri. Al-Dawsari yang memberikan serangan yang indah untuk mengalahkan Argentina tetapi tak berkutik di kotak penalti, saat Szczesny menepis serangannya. Al-Burayk tidak percaya ketika kiper itu menggagalkan upaya rebound-nya.

Szczesny merayakan blok untuk menyangkal Al-Dawsari 10 menit setelah babak kedua dimulai, Feras Al-Brikan dan Al-Shehri keduanya melenceng dari target dari posisi yang baik. Namun, pertandingan hanya berjalan satu sisi, dan tak lama setelah sundulan Arkadiusz Milik membentur mistar, Lewandowski melakukan tendangan ke gawang The Green Falcons.

Penyerang Barcelona itu tak akan frustrasi lama. Sentuhan Abdulelah Al-Malki mengundang Lewandowski untuk berlari dan menyelesaikannya, dan dia dengan gembira merayakannya. Itu adalah golnya yang ke-77 untuk Polandia tetapi yang pertama dari lima pertandingan Piala Dunia.

Baca Juga :   Lerby Fokus Bela Borneo Sebelum Gabung Timnas

Suporter Arab Saudi yang luar biasa menaikkan level desibel yang sudah setinggi langit ketika tim mereka dihadiahi penalti tak lama setelah kebobolan dari Zielinski. Bayangkan reaksinya, jika Arab Saudi mampu menyamakan kedudukan begitu cepat setelah tertinggal. Sebaliknya, segelintir Polandia merayakannya menyusul penyelamatan ganda yang luar biasa dari Wojciech Szczesny. Penjaga gawang berusia 32 tahun itu, mungkin, tidak merayakannya semeriah selebrasi dua Piala FA untuk Arsenal dan tiga kali Juara Serie A di klubnya saat ini Juventus.

Dan inilah pengingat mengapa Szczesny telah bermain di klub elit Eropa selama lebih dari satu dekade dan tetap menjadi pilihan utama tim nasional. Penyelamatan penalti Al-Dawsari yang menempatkan bola seperti di tengah, namun Szczesny memilih untuk melakukan diving ke kanan dan tepat sasaran.

Alih-alih menikmati momen itu, Szczesny waspada terhadap bahaya yang sedang berlangsung, berusaha berdiri untuk dengan cemerlang menyentuh bola muntah dari Mohammed Al-Burayk. Szczesny tidak diragukan lagi memasuki pesaingnya untuk menyelamatkan turnamen dengan yang satu itu. Terlebih lagi, dalam mencatatkan nirbobol kedua berturut-turut, sang kiper memastikan Polandia meraih tiga poin dan nyaris mencapai babak 16 besar untuk pertama kalinya sejak Meksiko 1986. *rah

Baca Juga :   Cegah Tawuran, Tangsel Rencanakan Deklarasi Pelajar