Timnas Indonesia Tunggu Malaysia di Semifinal

697

PHU THO, VIETNAM (bisnisjakarta.co.id) – Tim nasional U-23 Indonesia lolos ke semifinal sepak bola putra SEA Games 2021 setelah menundukkan Myanmar dengan skor 3-1 pada laga terakhir mereka pada Grup A di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Minggu. Hasil ini untuk sementara menempatkan Indonesia di posisi teratas Grup A, sebelum partai tuan rumah Vietnam menghadapi Timor Leste.

Jika Vietnam memenangkan duel terakhir di grup A tersebut, posisi puncak kembali akan menjadi milik tuan rumah, dan Indonesia turun ke posisi runner up. Jika melihat komposisi klasemen dan sisa laga di grup B, yang akan melakoni laga terakhirnya Senin (16/5) besok, Malaysia berpeluang menempati posisi teratas Grup B, karena di laga terakhir akan menghadapi tim lemah, Kamboja. Sementara Thailand dan Singapura akan bentrok untuk berebut satu tiket yang tersisa.

Jika skenario berjalan normal, Malaysia akan menempati posisi puncak grup B dan akan bertemu Indonesia di pertandingan semifinal yang akan digelar pada Kamis (19/5) di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam.

Baca Juga :   Pertumbuhan Asuransi Jiwa Melambat, Ini Penyebabnya

Pada laga melawan Myanmar, Indonesia yang membutuhkan tiga poin atau hasil seri demi lolos ke semifinal tampil menekan sejak awal pertandingan. Mengandalkan trio Egy Maulana, Witan Sulaeman dan Irfan Jauhari di lini serang, anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong berhasil membuat gol cepat pada menit keenam melalui kaki kiri Egy Maulana.

Egy memanfaatkan situasi kemelut di kotak penalti Myanmar. Bola tendangannya membentur pemain lawan sebelum masuk ke gawang dan itu menjadi gol ketiganya pada SEA Games 2021. Unggul satu gol, Indonesia meningkatkan serangan. Empat menit setelah membuka skor, skuad “Garuda Muda” menambah pundi-pundi gol kali ini berkat sepakan Witan Sulaeman. Bola dari kaki Witan terlebih dahulu menyentuh tubuh pemain Myanmar sehingga memperdaya kiper lawan Pyae Phyo Thu.

Setelah itu, Myanmar sempat mengambil alih dominasi dan bahkan membuat gol pada menit ke-28 via Win Naing Tun, tetapi dibatalkan oleh wasit lantaran offside. Persis menjelang jeda, tepatnya menit ke-45+2, Indonesia melesakkan gol ketiga dari tendangan Marselino Ferdinan yang lagi-lagi mengenai pemain lawan sebelum bergulir ke gawang. Indonesia pun unggul 3-0 sebelum turun minum.

Baca Juga :   Ini Aksi Peringati Hari Penerbangan Sipil Internasional

Pada paruh kedua, Myanmar yang tercecer berupaya untuk menghadirkan gol. Mereka pun menyulitkan Indonesia dengan serbuan-serbuan ke benteng “Garuda Muda”. Keputusan tersebut berbuah gol pada menit ke-66 dari sumbangan penyerang Win Naing Tun. Itu adalah gol ketiga Win Naing Tun di SEA Games 2021. Tak ada perubahan situasi usai gol tersebut meski kedua tim sama-sama mempunyai peluang. Indonesia menang atas Myanmar dengan skor 3-1. *ant