Fasilitas Promosi Kopi, Cokelat Indonesia Beroperasi di Kagawa Jepang

22
Fasilitas komersial untuk mempromosikan produk kopi dan cokelat Indonesia diresmikan oleh Konsul Jenderal (Konjen) RI di Osaka Diana Sutikno (ketiga dari kiri) bersama Gubernur Prefektur Kagawa Keizo Hamada (keempat dari kanan) pada Sabtu (26/3/2022). (Foto: KJRI Osaka)

JAKARTA (bisnisjakarta.co.id) – Fasilitas komersial untuk mempromosikan produk kopi dan cokelat Indonesia resmi beroperasi di prefektur Kagawa, Jepang,demikian menurut keterangan KJRI Osaka yang dilansir dari antaranews di Jakarta, Senin (28/3). Fasilitas komersial di Sunnyside Fields Kagawa itu diresmikan oleh Konsul Jenderal (Konjen) RI di Osaka Diana Sutikno bersama Gubernur Prefektur Kagawa Keizo Hamada pada Sabtu (26/3).

“Saya berterima kasih dan merasa bangga atas keberadaan suatu fasilitas komersial di Jepang barat, yang secara eksklusif menyajikan produk-produk kopi dan cokelat dari Indonesia,” kata Diana dalam sambutannya.

Pembukaan fasilitas komersial itu, menurut pihak KJRI Osaka, bertujuan untuk terus mendorong pemasaran produk kopi dan cokelat Indonesia yang semakin luas menjelajah Jepang. Berbagai jenis biji kopi maupun kakao dari delapan pulau Indonesia, yaitu Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, wilayah Maluku, Kepulauan Nusa Tenggara, dan Papua, menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Jepang.

Diana mengatakan bahwa adanya kopi dan coklat Indonesia di Sunnyside Fields Kagawa dapat menjadi sarana dan upaya promosi Indonesia yang efektif.

Baca Juga :   Dishub Bogor Umumkan Mudik Gratis Masih Tersedia

Sementara itu, Gubernur Keizo Hamada menyambut baik peresmian Sunnyside Fields sebagai pintu awal promosi Indonesia di Kagawa yang dapat meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi, kebudayaan, pertanian, dan pendidikan.

“Peran aktif Pemerintah Indonesia dalam dalam memajukan kerja sama dengan prefektur Kagawa di segala bidang sangat kami apresiasi. Saya sangat senang atas kehadiran Indonesia melalui kopi dan cokelatnya di tengah masyarakat Kagawa sehingga asimilasi dapat terjadi dengan baik dan menciptakan kerja sama yang menguntungkan,” ujar Hamada dalam sambutannya.

Sunnyside Fields merupakan fasilitas komersial serbaguna dan area rekreasi keluarga di kota Manno, prefektur Kagawa, yang terdiri dari berbagai fasilitas yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

Salah satu fasilitas di Sunnyside Fields menyajikan beragam jenis kerajinan kopi dan produk olahan cokelat yang yang secara khusus diimpor dari Indonesia. Kopi dan cokelat tersebut diolah dengan sentuhan kearifan lokal Jepang.

Pemilik Sunnyside Fields Tada Shohei menyampaikan bahwa tempat berkonsep suasana alami dan dekat dengan alam itu mengingatkannya atas keramahan masyarakat dan suasana hijau Indonesia.

Baca Juga :   Di Jakarta, Pasien Covid-19 Sembuh Terus Bertambah

Acara peresmian fasilitas komersial untuk promosi kopi dan cokelat Indonesia itu dihadiri lebih dari 100 undangan pejabat kota setempat, jajaran Kagawa Japan Indonesia Friendship Association, para pelaku usaha hingga perwakilan dari pusat perbelanjaan ternama Jepang AEON dan Mitsukoshi Takamatsu Kagawa.

Menurut KJRI Osaka, para tamu undangan sangat menikmati sajian kopi dan kakao Indonesia yang memiliki rasa yang berbeda dibanding kopi dan kakao lainnya yang sudah ada di Jepang. *gde