DK PBB Minta Taliban Izinkan Anak Perempuan Bersekolah

13

JAKARTA (bisnisjakarta.co.id) – Dewan Keamanan PBB mengaku sangat prihatin dengan keputusan penguasa Taliban Afghanistan yang tidak mengizinkan siswi sekolah menengah bersekolah. Dewan meminta kelompok tersebut agar segera membuka kembali sekolah bagi kaum perempuan.

“Anggota Dewan Keamanan … kembali menegaskan hak atas pendidikan bagi seluruh warga Afghanistan, termasuk anak-anak perempuan,” tulis pernyataan PBB yang dilansir dari antaranews, di Jakarta, Senin (28/3).

Pekan lalu Taliban mengurungkan pengumuman bahwa sekolah menengah atas (SMA) akan dibuka bagi para siswi. Menurutnya, sekolah hanya akan dibuka setelah ada hukum Islam yang sesuai dengan kondisi tersebut.

Secara tiba-tiba Amerika Serikat membatalkan pertemuan dengan Taliban di Doha, yang akan membahas isu ekonomi utama lantaran keputusan tersebut, kata pejabat AS pada Jumat.

DK PBB meminta Perwakilan Khusus PBB untuk Afghanistan Deborah Lyons agar terlibat dengan pemangku kepentingan dan otoritas Afghanistan terkait mengenai isu tersebut dan kembali melaporkan perkembangannya. *gde

Baca Juga :   In Memoriam Robby Sugara, Film Horor Jalan Sendirian, Jadi Debut Terakhirnya