10 Tips Agar Jualan Online Cepat Laku

189

Cara berjualan online agar cepat laku yang tepat akan membuat usaha Anda menghasilkan keuntungan cukup banyak. Persaingan di pasar saat ini semakin ketat. Pemilik usaha harus jeli dan pandai memilih strategi sehingga bisa menarik minat pembeli.

Bisnis yang mudah dijalankan dari mana saja, dengan modal terbatas tentu menarik minat pelaku usaha untuk membukanya. Dengan bermunculan toko online baru, pembeli mempunyai banyak pilihan. Namun jangan khawatir, dengan strategi yang tepat, usaha ini masih bisa menjadi “ladang basah” untuk mendapat untung.

10 Cara Jualan Online Agar Keuntungan Bisnis 3 Kali Lipat

Usaha jualan online bisa menjadi pilihan yang tepat karena hemat biaya operasional. Anda tidak perlu menyewa toko untuk memajang dagangan dan banyak karyawan, bahkan bisa mengelola sembari mengerjakan pekerjaan lainnya. Tips jualan online laris bagi pemula dapat mendatangkan keuntungan besar.

Bagaimana bisnis ini bisa mendapatkan keuntungan berlipat, sementara persaingan semakin ketat? Cara berjualan online agar cepat laku sangat banyak. Pemilik usaha perlu melihat potensi dan fokus pada keunggulannya. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar bisnis online menguntungkan, bahkan sampai 3 kali lipat:

1. Kenali produk

Kesalahan penjual yang paling fatal adalah tidak memahami produk yang dijualnya. Hal ini dapat mengakibatkan kekeliruan dalam memberi informasi kepada konsumen sehingga kecewa dan tidak mau berbelanja lagi.

Sebaiknya kenali dengan detail dan bila perlu, gunakan produk yang Anda jual. Dengan demikian paham deskripsi produk dan dapat memberikan review sesuai produk yang Anda tawarkan tersebut.

Baca Juga :   Jaga Stok Pangan, Ini Kondisi yang perlu Dijaga KPPU

2. Gunakan Gambar Berkualitas

Gambar merupakan display dalam toko online. Jika kurang jelas, berbeda dengan produk asli, resolusi kecil, pecah dan tidak menarik maka calon pelanggan enggan untuk membelinya.

Lakukan teknik mengambil gambar produk dengan benar. Tidak masalah Anda hanya menggunakan kamera HP selama tekniknya benar, maka akan mendapatkan gambar berkualitas.

Anda juga bisa menggunakan jasa fotografer profesional untuk menghasilkan gambar produk yang maksimal. Jangan takut berinvestasi untuk hal ini. Agar bisa mendapat harga foto yang lebih murah, jangan hanya satu item. Jika jumlah order banyak, fotografer tidak akan segan memberi discount. Apalagi jika berlangganan.

3. Memberi Inovasi untuk Kemudahan Berbelanja

Semua pelanggan ingin berbelanja dengan mudah, murah dan nyaman. Salah satu pelayanan yang dapat Anda berikan adalah dengan memberi beberapa opsi rekening pembayaran. Dengan demikian pelanggan bisa menyesuaikan sehingga transaksi lebih cepat.

Anda juga bisa menawarkan pelayanan COD atau Cash On Delivery untuk memudahkan pelanggan yang tidak ingin transfer. Pelayanan yang berbeda dengan online shop lain dapat mengundang pembeli untuk berbelanja.

4. Cara Promosi yang Tepat

Strategi berikutnya adalah dengan promosi yang tepat. Anda dapat menggunakan media sosial seperti Facebook dan Instagram. Posting promosi pada waktu banyak orang mengaksesnya. Misalnya jam makan siang atau malam ketika waktu istirahat.

5. Manfaatkan Pembeli Sebagai Agen Promosi Gratis

Promosi dari mulut ke mulut sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Begitu juga testimoni pelanggan. Setelah pelanggan membeli dan menggunakan produk, coba hubungi untuk menanyakan bagaimana penilaiannya. Jika positif, mintalah ijin untuk memposting sebagai testimoni.

Baca Juga :   Anggaran Dinaikkan, Menteri Puspayoga Fokus untuk Wirausaha Pemula dan Revitalisasi Pasar Tradisional

6. Beri Discount

Siapa yang tidak suka mendapat discount? Begitu juga pembeli Anda. Sebagian penjual berfikir bahwa memberi potongan harga akan mengurangi keuntungan. Hal ini tidak selamanya benar.

Discount bisa membuat pembeli tertarik untuk berbelanja dalam jumlah banyak. Akumulasi sedikit keuntungan dari banyak item akan menghasilkan laba yang besar. Lebih baik mendapat keuntungan kecil namun jumlahnya banyak daripada tidak mendapatkannya sama sekali.

7. Bekerjasama dengan Jasa Ekspedisi

Salah satu hal yang membuat pembeli membatalkan niat berbelanja adalah besarnya ongkos kirim. Coba bekerjasama dengan jasa ekspedisi. Jika bisa mendapat tarif spesial, Anda dapat menekan besar ongkos kirim.

8. Jual Produk yang Banyak Dibutuhkan

Menjual produk yang banyak dibutuhkan berarti, jumlah pesaing tidak sedikit. Namun Anda tidak perlu khawatir, dengan kelebihan pada toko online yang Anda Kelola, akan membuat pelanggan tetap berbelanja.

Banyak orang berbelanja membuat perputaran modal menjadi cepat. Meski Anda hanya mengambil keuntungan sedikit untuk menarik pelanggan, namun karena volume penjualan tinggi maka akumulasinya besar. Pilihlah produk untuk jualan online yang laku setiap hari.

9. Fast respon

Tentu Anda tidak senang jika saat berbelanja di supplier, ternyata lama mendapat respon. Begitu juga dengan konsumen di toko online. Fast respon atau pelayanan cepat dapat menjadi nilai plus yang membuat pelanggan senang berbelanja dan repeat order.

Baca Juga :   OTA Memudahkan Masyarakat Rencanakan Travelling

10. Beri Garansi

Fasilitas retur atau tukar barang jika terjadi kerusakan dapat menjadi satu hal yang menarik pembeli. Sebab lain yang membuat calon pembeli ragu untuk belanja online adalah takut mendapat barang cacat. Garansi atau jaminan retur dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada toko online Anda.

Bagaimana jika ternyata pelanggan melakukan kecurangan, menerima barang dalam keadaan bagus namun menyampaikan bahwa terjadi kerusakan? Anda bisa mensyaratkan menyertakan video ketika melakukan unboxing.

Kemudian, bagaimana jika kerusakan terjadi saat pengiriman oleh ekspedisi? Pastikan ketentuan hal ini dengan pihak ekspedisi. Ekspedisi terpercaya akan memberikan jaminan barang  yang dikirim menggunakan jasanya.

Cara jualan online di HP sangat mudah, termasuk bagi pemula sekalipun. Dengan mengetahui dan menerapkan tips yang tepat, maka toko online Anda akan selalu ramai dan menghasilkan banyak keuntungan.

Banyak Cara Jualan Pasti Untung bagi pemula, salah satunya dengan menjadi seller marketplace ternama seperti Blibli. Blibli menyediakan berbagai barang dengan harga yang kompetitif sehingga cocok Anda jual lagi.

Sudah banyak yang sukses berbisnis online sebagai seller Blibli. Anda pun bisa memulainya. Pilih produk yang banyak orang membutuhkannya sehingga perputaran cepat dan dapat memberikan keuntungan.

Ketekunan, keuletan dan kemampuan memanfaatkan peluang dapat menghasilkan keuntungan besar, bahkan mencapai 3 kali lipat. Tentu hal ini tidak lepas dari cara berjualan online agar cepat laku yang didapat dari panduan untuk membuat Anda berkembang.