BLU Hatpen Sterilisasi dan Tingkatkan Sanitasi Lingkungan Kerja

    95
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Badan Layanan Umum (BLU) Balai Kesehatan Penerbangan (Hatpen) melakukan desinfeksi atau penyemprotan desinfektan seluruh ruangan dan lingkungan kerja di Kemayoran, Jakarta, Rabu (18/3) dini hari. Hal ini dilakukan sebagai langkah sterilisasi dan  kewaspadaan serta usaha pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19).

    Kepala BLU Balai Hatpen Sri Muraniariningsih (Rindu) di Jakarta usai dilakukannya desinfeksi memgatakan, sebelumnya pihaknya telah melakukan beberapa langkah preventif, yaitu pengecekan suhu tubuh pada seluruh pegawai dan personel penerbangan yang berkunjung atau melakukan pengecekan kesehatan di BLU Balai Hatpen, juga disediakan penambahan penempatan hand sanitizer.

    Menurut Rindu, langkah-langkah preventif penyebaran Covid-19 itu dilakukan sesuai dengan standard operasional procedur (SOP) yang sudah ditetapkan dan berdasarkan Surat Edaran dari Menteri Perhubungan. Seperti imbauan untuk tidak berjabat tangan, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak sosial (social distancing), serta imbauan untuk menerapkan gaya hidup sehat. Hal ini dituangkan, baik dalam Surat Edaran Kepala Balai Hatpen maupun pengumuman-pengumuman, juga sosialisasi di layar monitor pelayanan.

    Baca Juga :   Kembangkan Bandara Kertajati, AP II Siapkan Angkutan Gratis

    Sebagaimana diketahui, BLU Balai Hatpen mempunyai tugas pemeriksaan dan pengujian kesehatan bagi personel penerbangan, seperti pilot, awak kabin, petugas operasi penerbangan (FOO, Flight Operation Officer), dan petugas pemandu lalu lintas udara (ATC, Air Traffic Controler). Setiap hari dikunjungi lebih dari 100 orang personel penerbangan guna mendapatkan medical certificatr bagi para personel penerbangan tersebut.

    "Kami terus berupaya untuk tetap dapat melaksanakan pelayanan Prima dan juga berusaha agar para tenaga medis, serta tenaga pelayanan dan administrasi kami tetap dalam kondisi kesehatan yang prima. Secada bergantian, bagi tenaga yang bertugas juga kami terapkan untuk tidak masuk kantor atau melakukan work from home (WFH)," tutur Rindu.

    Meski waswas, kata Rindu, pihaknya selalu memberikan semangat dan motivasi pada seluruh pegawai agar berpikir positit, optimis, dan senantiasa berdoa. Ia juga mengimbau agar mereka terus meningkatkan daya tahan tubuh masing-masing. "Manajemen Balai Hatpen terus mengikuti dan memantau perkembangan  berita tentang Covid-19. Semoga pandemi virus Corona ini segera berlalu. Itu harapan kami," ujar Rindu. (son)