1.293 Kapal Siap Layani Angkutan Nataru

    28
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Jelang periode Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 diprediksi akan terjadi peningkatan kegiatan masyarakat yang berdampak pada meningkatnya permintaan jasa angkutan. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah melakukan persiapan dalam menghadapi periode tersebut guna menjamin kelancaran, ketertiban, keamanan dan keselamatan dalam penyelenggaraannya, salah satunya dengan meningkatkan koordinasi secara terpadu dengan instansi terkait dan Pemerintah Daerah.

    Pada sektor transportasi laut, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menyiapkan armada laut sejumlah 1.293 kapal dengan kapasitas angkut 3.415.838 penumpang. Armada yang digunakan dari PT. Pelni 26 unit dengan kapasitas angkut 989.375 penumpang, Armada Perintis 113 unit dengan kapasitas angkut 68.726 penumpang, Armada Swasta 1.147 unit dengan kapasitas angkut 2.355.837 penumpang dan Perintis cadangan/pengganti 7 unit dengan kapasitas angkut 1.756 penumpang. Demikian disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Wisnu Handoko di Jakarta, Selasa (3/12).

    Selain itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut juga berencana akan melaksanakan Posko Penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di seluruh pelabuhan di Indonesia, dimana terdapat 51 pelabuhan yang akan dipantau untuk melihat perkembangannya dari tahun ke tahun. Posko tersebut akan dilaksanakan mulai tanggal 18 Desember 2019 s/d 8 Januari 2020. Selanjutnya, seluruh pelabuhan dihimbau agar mengantisipasi permasalahan yang terjadi pada Angkutan Laut Lebaran 2019, serta tetap melaksanakan beberapa kebijakan yang berhasil dilaksanakan pada Angkutan Laut Lebaran 2019 lalu.

    Baca Juga :   UU PPRT Lindungi Pekerja Rumah Tangga dari Eksploitasi Fisik

    Capt. Wisnu memprediksi berdasarkan trend realisasi penumpang dari tahun 2010 – 2018 akan terjadi peningkatan jumlah penumpang naik pada Penyelenggaraan Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 sebesar 1,84 % atau 1.191.786 penumpang dibandingkan pada penyelenggaraan Angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. “Kami prediksi puncak arus libur dimulai pada hari Jumát tanggal 20 Desember 2019 sampai dengan hari Selasa tanggal 24 Desember 2019. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan dimulai pada hari Minggu tanggal 29 Desember 2019 sampai dengan hari Selasa tanggal 31 Desember 2019,” ucap Capt. Wisnu.

    Dirinya mengungkapkan terdapat 10 Pelabuhan dengan jumlah penumpang tertinggi, antara lain Pelabuhan Batam, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, Tanjung Uban, Sungai Pakning, Ternate, Tanjung Batu Kundur, Tarakan, Sorong dan Selat Panjang. “Dari 51 Pelabuhan pantau, sebaran jumlah penumpang pada realisasi Angkutan Natal 2018 di Indonesia Bagian Barat sejumlah 847.152 (72%) penumpang naik, sedangkan di Indonesia Bagian Timur sejumlah 323.077 (28%) penumpang naik,” tuturnya.

    Baca Juga :   Kemenparekraf Tunda Rencana Insentif dan Promosi di Negara Terdampak Virus Corona

    Pada kesempatan yang sama, dalam menyiapkan pelaksanaan penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Ditjen Perhubungan Laut telah melakukan beberapa tahapan pelaksanaan yaitu membuat rencana operasi, mengidentifikasi permasalahan pada masa Angkutan Natal tahun lalu dan Angkutan Lebaran sebelumnya, melaksanakan rapat koordinasi dengan instansi terkait dan menyiapkan pos koordinasi penyelenggaraan Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

    “Dalam optimalisasi potensi armada, saya menghimbau kepada para Kepala Kantor Kesyahbandaran, Kepala KSOP Kelas I s/d IV dan Kepala UPP Kelas I s/d III untuk mengoptimalkan potensi armada pada daerahnya masing-masing, terutama ruas-ruas dengan jumlah penumpang tertinggi pada arus mudik/balik sehingga dapat mengurangi terjadinya penumpukan penumpang,” ujar Capt. Wisnu. “Saya juga telah menginstruksikan untuk melaksanakan uji kelaiklautan kapal terhadap  seluruh kapal yang berada/beropersi di wilayah kerjanya,” sambungnya.

    Selanjutnya, Ia menambahkan terkait informasi jadwal kapal, Perusahan pelayaran wajib meng-update info terkini jadwal kadatangan kapal melalui digital info screen di pelabuhan, Facebook, Instagram dan Twiter. “Saya juga menghimbau kepada kepala UPT untuk peningkatkan koordinasi kepada operator kapal untuk penyebarluasan informasi jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal kepada masyarakat melalui media cetak dan elektronik serta melakukan pemasangan spanduk di tempat-tempat tertentu dan dilakukan pada jauh hari sebelum masa Posko Hubla,” ucap Capt. Wisnu.

    Baca Juga :   Gadis Muda Tewas Dibunuh Pacar

    Di akhir kesempatan, Capt. Wisnu mengingatkan kepada para Kepala Kantor Kesyahbandaran, Kepala KSOP Kelas I s/d IV dan Kepala UPP Kelas I s/d III untuk meningkatkan pengawasan terhadap keselamatan dan keamanan pelayaran berkoordinasi dengan BMKG setempat terhadap keadaan cuaca dengan menyebarluaskan prakiraan cuaca dari BMKG kepada masyarakat maritim untuk mewaspadai terjadinya cuaca buruk. “Jangan ragu-ragu untuk melakukan penundaan keberangkatan kapal apabila terjadi  kondisi cuaca buruk sebelum kapal berangkat, serta menyiapkan kapal negara untuk keadaan darurat dari Kapal Kenavigasian, Kapal KPLP, Kapal Latih BPSDM Perhubungan,” tutupnya. (son)