Erick Thohir Tunjuk Pahala Menjadi Dirut BTN

    75
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Kementerian BUMN menunjuk Pahala N Mansury sebagai Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (BTN). "Pak Pahala ada tugas baru sebagai Dirut BTN. Komisaris utamanya pak Chandra Hamzah," kata Menteri BUMN Erick Thohir usai menghadiri rapat terbatas di Istana Negara Jakarta, Jumat (22/11).

    Menurut Erick, pengangkatan Pahala sebagai Direktur Utama, anggota indeks Kompas100 ini, akan dilakukan saat Rapat Umum Pemegang Saham pada akhir bulan ini.

    Sebelumnya, Pahala menjabat sebagai direktur keuangan PT Pertamina. Dirinya menduduki jabatan tersebut sejak diangkat per September 2018.

    Jabatan yang akan ditinggalkan Pahala itu bakal dijabat oleh Emma Sri Martini yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Telkomsel.

    Sebelum berkarier di Pertamina, Pahala juga sempat bekerja di konsultan senior di Booz Allen Hamilton, project leader di The Boston Consulting Group, menjadi Bankir dan Direktur Keuangan di Bank Mandiri, hingga menjadi Direktur Utama di PT Garuda Indonesia.

    Erick juga menyatakan, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan menjabat sebagai Komisaris Utama PT Pertamina. "Basuki akan menjadi komisaris utama di Pertamina. Lalu didampingi oleh pak Wamen Budi Sadikin menjadi wakil komisaris utama,” ujar Erick.

    Baca Juga :   Kuartal III-2019, BNI Sukses Tumbuhkan Kredit 14,7%

    Menurut Erick, peresmian Ahok sebagai Komisaris di Pertamina bisa segera dilakukan karena Pertamina bukan perusahaan terbuka. (son)