Rute Diperpanjang, TdS Berhadiah Rp 2,3 Miliar

    18
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Penyelenggaraan Tour de Singkarak (TdS) tahun ini diperluas jangkauannya hingga 9 etape yang melintasi 16 kabupaten/kota di Sumatera Barat (Sumbar) dan 2 kabupaten di Jambi. "TdS merupakan sport tourism yang sangat efektif untuk mempromosikan pariwisata. TdS 2019 tahun ini untuk mempromosikan pariwisata Sumbar dan Jambi,” kata Menpar Arief Yahya usai launching Wonderful Event Sumbar 2019 di Jakarta, Rabu (14/8).

    Penyelenggaraan TdS 2019 dengan hadiah total sebesar Rp2,3 miliar pada tahun ini akan berlangsung pada 2-10 November 2019 dengan menampilkan atraksi budaya, kuliner, dan olahraga.

    Menpar Arief Yahya didampingi Gubernur Sumbar H. Irwan Prayitno pada kesempatan itu menjelaskan, event TdS mempunyai keunggulan sebagai event sport tourism balap sepeda internasional terbesar di Indonesia. "TdS memiliki media value yang tinggi sehingga berdampak pada promosi dan pencitraan pada destinasi pariwisata Sumbar dan Jambi,” kata Arief Yahya.

    Ia mengatakan, untuk mengoptimalkan media value harus dikuatkan strategi promosinya saat pre-post-on (POP) event masing-masing dengan alokasi anggaran sebesar 70 persen, 20 persen, dan 10 persen.

    Baca Juga :   Tangsel Targetkan 130 Ribu KIA

    Gubernur H. Irwan Prayitno mengatakan, Sumbar memiliki 49 event unggulan, 3 event di antaranya masuk dalam 100 Wonderful Event yang digelar sepanjang tahun ini di 19 kabupaten/kota di Sumbar.

    Ketiga event unggulan tersebut Pasa Harau Art And Cultural Festival, Tour de Singkarak (TdS), dan Festival Budaya Miangkabau.

    Ketiga event ini masuk dalam 100 Wonderful Event dan akan menjadi magnet dalam menandatangkan wisatawan ke Sumbar pada tahun ini yang mentargetkan 58.447wisman dan 8,4 juta pergerakan wisnus. "TdS 2019 merupakan event unggulan Sumbar. Tahun ini kita berkolaborasi dengan Provinsi Jambi. Dua kabupaten di Jambi yakni Kerinci dan Sungai Penuh akan dilalui. Ini menjadi kesempatan untuk mempromosikan pariwisata Jambi,” kata Irwan. (son)